Welcome to Pariwisata SMKN 3 Sukabumi West Java Indonesia

Kamis, 27 September 2012

TIPs SUKSES BELAJAR

Peserta didik yang Bapak sayangi, coba renungkan dan amalkan tips di bawah ini :

1.  Ketika berangkat dari rumah mau ke sekolah, niatkan dalam hati untuk menuntut ilmu, karena Alloh Ta'ala, agar ilmu apapun yang dipelajari dan kegiatan kalian hari ini bernilai ibadah, berkah dan sukses. Minimal bacalah :  Bismillahi Tawaqqaltu 'alalloh, La Haula WalaQuwwata Illa Billahil 'Aliyyil 'Adzim.

2.  Berpamitan pada ayah dan ibu kalian, terutama ibu.  Cium tangan dengan penuh ikhlas dan cinta pada beliau, Ingat ! Ridho Alloh adalah Ridho ayah ibu kita, niscaya kalian akan dapat keberkahan dan kemudahan dalam menuntut ilmu, dengan izin orang tua kalian.

3.  Dalam perjalanan dari rumah ke sekolah, selalu berzikir dan beristighfar, mudah-mudahan kalian terhindar dari niat-niat jelek, godaan-godaan yang menyesatkan, seperti : Nongkrong, mampir ke warnet, hang out di tempat tertentu, tawuran, de el el.  Dengan selalu dzikir, akan istiqomah niat kalian untuk tetap menuntut ilmu apapun godaannya.

4.  Selama di sekolah, ikuti sepenuh jiwa raga transfer ilmu dari guru, teori maupun praktek.  Dengar, lihat, simak, tulis, coba dan kerjakan semua  informasi yang disampaikan.  Jangan terpaku pada guru saja sebagai sumber belajar, manfaatkan teman kalian, buku (perpustakaan), internet (yang mendukung belajar lho...), lingkungan sekolah lainnya.  Ingat ! Jangan mengaktifkan Hp ketika sedang proses belajar dan jangan coba-coba membuka situs-situs yang mengumbar nafsu.

5.  Selesai pelajaran, kalau tidak ada keperluan penting, mending Go home saja, kalau emang ga kuat nahan godaan-godaan tadi, ya di rumah saja, bantu-bantu pekerjaan rumah, mengulang pelajaran, menyelesaikan tugas pelajaran de el el.  Coba manage waktu di rumah, antara ibadah/solat/ngaji/belajar agama, belajar pelajaran sekolah, menonton/denger musik/hiburan, bantu ortu, de el el, supaya seimbang.  Ingat, tugas kalian saat ini adalah belajar dan belajar.

6.  Setiap selesai melakukan semua aktifitas, selalu bersyukur pada Alloh SWT, minimal ucapkan Alhamdulillah.  Supaya berkah, mashlahat dunia akhirat, karena ibadah, aktifitas hidup, dan mati kita adalah Lillahita'ala.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar