Welcome to Pariwisata SMKN 3 Sukabumi West Java Indonesia

Jumat, 01 Februari 2013

SOAL/TUGAS PRAKTIK UJK XII AP 2013


A.    Unit Kompetensi     : Menyediakan Layanan Porter
a.       Anda seorang bell boy. Anda diminta menangani barang bawaan dari
5 (lima) orang panitia seminar tiba, yang terdiri dari 3 (tiga) orang wanita dan 2 (dua) orang pria. Satu dari wanita tersebut adalah ketua panitia.
b.      Mereka membawa 3 (tiga) buah suitcase, 2 (dua) buah travelling bag, 3 (tiga) buah hand bag, 2 (dua) buah briefcase dan 2 (dua) buah laptop. Tempatkan barang bawaan tamu tersebut pada bell boy trolley sesuai standar operasional prosedur.
c.       Barang bawaan tersebut diantar dan diletakkan pada kamar mereka masing-masing dan menjelaskan fasilitas kamar yang ditempati.
d.      Selesaikan dengan pengisian formulir Bell Boy Errand Card sesuai standar operasional prosedur.

B.     Unit Kompetensi     :  Memproses Reservasi
a.    Anda adalah seorang Reservation Clerk, Anda diminta untuk melakukan blocking room untuk pemesanan kamar 2 (dua) keluarga yang terdiri dari 2 (dua) pasang suami istri, masing-masing membawa 1 (satu) anak putri remaja, dan 1 (satu) anak putra remaja. Lama menginap 4 (empat) malam.
b.   Kamar yang dipesan 2 (dua) double bed room, dan 2 (dua) twin bed room connecting door, tetapi pada tanggal yang dimaksud kamar yang diminta tidak tersedia. Bagaimana Anda menawarkan alternatif tentang kondisi tersebut kepada calon tamu?
c.    Tamu meminta disediakan rangkaian buah pada setiap kamar.
d.   Selesaikan dengan pengisian blocking card, reservation form dan confirmation letter sesuai standar operasional prosedur.

C.    Unit Kompetensi     : Menyediakan Layanan Akomodasi Reception
a.       Anda adalah seorang Receptionist. Anda diminta untuk mendaftarkan tamu Walk In Guest untuk sebuah keluarga, sepasang suami istri dengan 1 (satu) putri berusia 3 (tiga) tahun dan 2 (dua) orang remaja putra, menginap selama 4 (empat) hari.
b.      Tamu meminta Connecting Room, tetapi pada saat itu kamar yang diminta oleh tamu tidak tersedia, yang ada  Adjoining Room. Bagaimana Receptionist menawarkan kondisi kamar tersebut kepada tamu?
c.       Lakukan pendaftaran dengan melengkapi Registration Form, Guest Card dan Voucher Breakfast sesuai standar operasional prosedur.
d.      Berikan kunci kamar sesuai kamar yang diminta tamu dan tawarkan layanan pengantaran bellboy.
e.       Selesaikan dengan pembuatan bill tamu sesuai Room Rate di Hotel edotel Anda. Harga belum termasuk 21% government  tax (pajak) dan service charge.

D.    Unit Kompetensi     : Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan
a.       Peserta uji adalah seorang Public Area Attendant. Anda diminta membersihkan area kering atau area basah dengan objek lantai keras, lantai lunak atau karpet (dapat dipilih salah satu)
b.      Lakukan pembersihan dengan mempergunakan peralatan dan bahan pembersih yang sesuai operasional prosedur. Berikan kasus lantai yang bermasalah, bagaimana anda mengatasinya?
c.       Peserta uji diminta membuat pengajuan permintaan alat dan bahan pembersih sesuai objek yang akan dibersihkan
d.      Selesaikan dengan mengisi format Laporan Kerusakan

E.     Unit Kompetensi     :  Menyiapkan Kamar Untuk Tamu
a.    Anda adalah seorang Room Attendant. Anda diminta untuk menyiapkan kamar tamu dengan status Occupied, dengan jenis kamar Deluxe Room. Lakukan pembersihan kamar sesuai standard operasional prosedur, mulai dari persiapan sampai storing
b.   Pada saat membersihkan kamar anda menemukan Air Condition di dalam kamar tidak berfungsi dengan baik (rusak). Lakukan tugas Room Attendant sehubungan dengan kerusakan AC? Bagaimana Room Attendant melakukan pekerjaan tersebut dalam waktu yang bersamaan?  
c.    Selesaikan dengan pengisian Room Boy Control Sheet

        F.    Unit Kompetensi    : Menangani Linen dan Pakaian Tamu
a.       Anda seorang Laundry Attendant yang bertugas menangani cucian pakaian tamu. Seorang tamu hotel mencucikan 1 (satu) buah kemeja bahan katun, 1 (satu) buah T-Shirt, dan 1 (satu) buah sapu tangan.
b.    Lakukan proses penanganan pakaian tamu mulai dari pengambilan,  
      proses pencucian dan packing (dilipat) untuk masing-masing item
      sampai pengembalian
c.       Selesaikan administrasi pengisian formulir Laundry List dan menghitung biaya layanan sesuai dengan biaya cucian yang tersedia di Hotel edotel anda. Harga belum termasuk 21% government tax (pajak) dan service charge.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar